Putra, Reza Nurcahya (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika untuk kelas IV (Uji produk di SD Segeran). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005086_JUDUL__240213080427.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005086_BAB_I__240209050606.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005086_BAB_II__240209050606.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005086_BAB_III__240209050606.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005086_BAB_IV__240209050606.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005086_BAB_V__240209050606.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005086_DAFTAR_PUSTAKA__240209050606.pdf Download (208kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005086_LAMPIRAN__240209050606.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005086_NASKAH_PUBLIKASI__240209050606.pdf Download (492kB) |
Abstract
Minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah. Kurangnya penggunaan media pembelajaran Ketika kegiatan belajar. Guru cenderung masih menggunakan metode ceramah saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis langkah-langkah pembuatan dan menghasilkan media pembelajaran berbasis articulate storyline yang berkualitas terhadap minat belajar peserta didik pembelajaran matematika kelas IV SD.
Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), Implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Intrumen pengumpulan data menggunakan wawancara sebelum penelitian dan angket. Desain uji coba dilakukan dengan validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi ahli pembelajaran, respon peserta didik dan guru wali kelas IV. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data hasil saran dan masukan dari para validasi ahli, dan respon peserta didik serta guru wali kelas IV. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil penilaian dalam bentuk angket dari validasi para ahli, guru wali kelas IV dan peserta didik. Subjek uji coba implementasi ini adalah peserta didik berjumlah 16 orang kelas IV di SD N 3 Segeran.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. Hasil penilaian ahli media memperoleh skor 85, hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 87 dan hasil penilaian ahli pembelajaran memperoleh skor 80. Hasil perolehan skor dari keseluruhan penilaian para ahli memperoleh skor 84. Hasil respon uji coba media kepada peserta didik memperoleh skor 96,3 dan serta hasil respon guru terhadap media memperoleh skor 92,5. Kesimpulannya yaitu media pembelajaran berbasis articulate storyline terhadap minat belajar pembelajaran matematika kelas IVۗ “sangat baik” untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika kelas IV dan juga untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik pada kegiatan pembelajaran matematika. Pengembangan media articulate storyline membantu guru dalam proses pembelajaran yang menumbuhkan minat belajar pembelajaran matematika pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Minat belajar, Pembelajaran matematika, Media articulate storyline, Sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LA History of education Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:33 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:33 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63236 |
Actions (login required)
View Item |