Pengembangan multimedia tata surya berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi Sains kelas VI SD

Prabawa, Agung (2023) Pengembangan multimedia tata surya berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan literasi Sains kelas VI SD. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005106_JUDUL__231115022209.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005106_BAB_I__231115022209.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005106_BAB_II__231115022209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005106_BAB_III__231115022209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005106_BAB_IV__231115022209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005106_BAB_V__231115022209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005106_DAFTAR_PUSTAKA__231115022209.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005106_LAMPIRAN__231115022209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005106_NASKAH_PUBLIKASI__231115022209.pdf

Download (834kB)

Abstract

Kemampuan literasi peserta didik Indonesia tergolong rendah. Salah satu
penyebabnya adalah kurang optimalnya pembelajaran IPA. Kurang optimalnya
pembelajaran IPA dikarenakan guru menerapkan pembelajaran sederhana yang
membosankan dan tidak menarik. Media pembelajaran dapat membantu proses
pembelajaran menjadi lebih menarik sekaligus mempercepat proses pemahaman
materi pembelajaran. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan
multimedia tata surya berbasis Articulate Storyline yang berkualitas serta efektif
untuk meningkatkan literasi sains kelas VI SD
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE
yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembanga),
implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Khusus pada penelitian
ini tahap implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu dan biaya.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (pra penelitian), angket,
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Uji kualitas dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran,
dan ahli bahasa, respon guru, dan respon peserta didik. Uji efektivitas diperoleh dari
pretest dan posttest literasi sains yang dianalisis dengan tahapan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji paired sample t-test.
Multimedia tata surya berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan
literasi sains kelas VI SD setelah dilakukan validasi mendapatkan persentase
penilaian kualitas dari ahli media sebesar 88% dengan kategori sangat berkualitas,
ahli materi sebesar 84% dengan kategori sangat berkualitas, ahli pembelajaran
sebesar 81,33% dengan kategori sangat berkualitas, dan ahli bahasa sebesar 86%
dengan kategori sangat berkualitas. Serta hasil respon guru kelas VI sebesar 95%
dengan kategori sangat berkualitas dan rata-rata respon 19 peserta didik sebesar
98,42% dengan kategori sangat berkualitas. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai
signifikansi pretest dan posttest literasi sains masing-masing 0,059 dan 0,117
sehingga > 0,05, maka soal pretest dan posttest literasi sains berdistribusi normal.
Selanjutnya, hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,940
sehingga > 0,05, maka soal pretest dan posttest literasi sains berdistribusi homogen.
Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar >0,001
sehingga < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya yaitu multimedia tata surya berbasis Articulate Storyline sangat
berkualitas serta efektif untuk meningkatkan literasi sains kelas VI SD.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Multimedia, tata surya, articulate storyline, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:53
Last Modified: 11 Oct 2024 03:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/76366

Actions (login required)

View Item View Item